Menurut Darmin Ada 5 Bidang Usaha Kategori UMKM Bisa Kembali Ke DNI

Menurut Darmin Ada 5 Bidang Usaha Kategori UMKM Bisa Kembali Ke DNI – Menteri Koordiantor Perekonomian Darmin Nasution selanjutnya membuka nada sehubungan dengan ketetapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) keluarkan UMKM dari revisi ketentuan Rincian Negatif Investasi (DNI) . Menurut Darmin, yang disebut Presiden Jokowi merupakan area bisnis buat UMKM serta Koperasi tak masuk dalam revisi DNI alias masih masuk dalam rincian investasi yang tertutup buat asing.

Menurut Darmin ada 5 area bisnis definisi UMKM yang dikembalikan kembali ke DNI.

” Yang saya kenal itu keluarkan yang UMKM itu dari yang dikeluarkan itu dikembalikan kembali jadi DNI. Ya jadi ada 5 jadinya. Utamanya ada UMKM nya kita balikkan ke DNI, selebihnya masih, ” kata Darmin di Kementerian Koordinator Perekonomian, Rabu malam (28/11/2018) .

Lima area bisnis yang dikembalikan ke DNI ada pada grup A serta B. Buat grup A, ada empat area bisnis yang dikeluarkan dari grup dicadangkan buat UMKM-K.

Di grup ini asing tak dapat masuk, sebab tertahan batasan investasi minimal yang sebesar RP 10 miliar buat asing. Disamping itu di grup B, ada satu area bisnis yang dikeluarkan dari syarat-syarat kemitraan.
Disamping itu tersisa 49 area bisnis yang masuk dalam revisi ketentuan DNI serta dapat ditata lewat Ketetapan Presiden (Perpres) . Rinciannya, 25 area bisnis di buka 100% buat asing serta 24 bekasnya dapat dimasuki asing namun porsinya hanya terbatas alias gak hingga sampai 100%.

Darmin memberikan lima area bisnis dikembalkan ke DNI sesungguhnya akan tidak dikuasai asing 100% sebab ada ketentuan batasan investasi pribadi penanaman modal asing sebesar Rp 10 miliar.

Yang pasti, Darmin masih taati ketetapan Presiden Jokowi yang mendambakan bagian UMKM serta Koperasi masih masuk dalam DNI.

” Iya sudah semestinya kita terangkan pun, ya aneh memang bila udah persepsi itu memang sulit memaparkan, mempunyai arti kelak pengerjaannya siapa tahu tak seperti yang bapak katakan, ya yaudahlah wong kita pun bukan tak memandang dapat, kita lihat itu berikan keringanan, namun yasudah kita pengen tak berdebat kembali, kelak semakin panjang kembali, udah kita mengeluarkan, ” kata Darmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *