Jateng Dan Batam Dipilih Tampung Relokasi Industri China

Jateng Dan Batam Dipilih Tampung Relokasi Industri China – Menteri Koordinator sektor Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan pemerintah tengah siapkan dua area buat menyimpan industri yang kerjakan relokasi dari China. Dua wilayah itu yaitu Jawa Tengah serta Batam.

Luhut menjelaskan, perang dagang di antara Amerika Serikat (AS) serta China membuat iklim investasi di negara gordin bambu itu tidak sehat. Dengan naiknya bea masuk AS atas import produk China, semua project investasi riil disana tidak dapat kerjakan export dengan bebas.

Walhasil, perusahaan di China dapat merelokasi sarana produksinya ke negara lain supaya eskpornya terus dapat berkemampuan saing. Satu diantara negara yang dilirik perusahaan-perusahaan itu yaitu Indonesia.

“Presiden telah sepakat kalau ada dua tempat yang dapat kami buat persiapan. Satu di Jawa Tengah, serta satu mungkin di pulau lebih kurang di wilayah Batam sana,” jelas Luhut, Kamis (30/5).

Luhut yakin dapat terdapat banyak perusahaan yang merelokasi sarana produksinya dari China ke Indonesia sejalan tekanan perang dagang yang semakin hebat.

Perang dagang di antara AS serta China masuk set baru bulan ini sehabis AS menambah biaya bea import China dari 10 % berubah menjadi 25 % buat import sejumlah US$200 juta.

Luhut mengharapkan investasi yang dapat dipindahkan ke Indonesia meliputi produk elektronik seperti mobile phone pandai, pc, serta bebagai gawai modern yang lain. “Kami pingin itu beberapa, berapakah prosentasenya dapat direlokasi kesini,” papar ia.

Kedepannya, relokasi perusahaan asal China ke Indonesia dapat “dijodohkan” dengan perusahaan asal AS buat lalu jadikan perusahaan patungan (join venture).

Dengan langkah ini, Luhut pingin membuat Indonesia suaka buat perusahaan AS serta China yang tidak ikhlas jadi korban perang dagang di antara dua pemerintahan itu.

Indonesia menurut dia dapat menjanjikan keringanan akses export buat perusahaan itu ke beberapa negara non-tradisional. Ini mengingat Indonesia telah mempunyai kesepahaman perdagangan bebas dengan Australia serta beberapa negara Afrika timur seperti Mozambik serta Kenya.

Luhut mengharapkan persiapan relokasi ini dapat tuntas kurang dari satu tahun. Soal ini, susulnya, searah dengan kemauan Presien Joko Widodo.

“Mereka sepakat buat bikin Indoensia satu diantara tempat arah relokasi mereka saja. Bukan cuma Indonesia, dan juga ada yang pingin ke Vietnam, Thailand, sampai Malaysia. Sampai, dalam kurun waktu satu tahun ke depan, kami mesti bergerak cepat,” pungkas ia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *